Udinmduro's PMKS

BERUSAHA ADALAH PERJUANGAN

Tebak-tebakan “Duluan Mana Ayam dan Telur” Terungkap

Para ilmuwan berhasil menjawab  salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yang lebih dulu, ayam, atau telur?

Melalui komputer super, tim dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris  menemukan jawabannya. Apakah itu? Ayam.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

“Apa yang kami temukan adalah ‘kecelakaan’ yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur.”

Menurutnya,  selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

“Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia.”

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

“Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya.”

Tim peneliti lalu menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

“Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis.”

Yang pertama dicari adalah, mengetahui ‘resep’ yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur.

“Dengan bantuan komputer canggih, Kami memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu. Sementara, ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam.”

Lucunya, pemilihan cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam karena proteinnya sederhana untuk ditelaah.

Namun hasilnya ternyata sangat mengejutkan. “Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan.”

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah ‘tukang bangunan’ tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.

Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. “Itu berati ayam ada duluan sebelum telur.”

Tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.

“Penemuan kami sangat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya.”

Sebagai contoh, untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa.  Penelitian ini juga berimplikasi medis.

“Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, kita  bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia.” (adi)VIVAnews

Iklan

15 Juli 2010 - Posted by | Tegnologi | , , , , ,

14 Komentar »

  1. feh, a really s3(sangat stupid sekali) teori
    kalo menurutku sih duluan telur(entah bercangkang/tidak) yang jelas embrio dulu.

    berdasar pemahaman ttg pencipta’an bkn evolusi

    terjemah al-mukminuun 12-14:
    “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal)
    dari tanah.
    Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang
    kokoh (rahim).
    Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami
    jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang,
    lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia
    makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling
    Baik.”

    Komentar oleh erin | 16 Juli 2010

  2. G’ usah didebatkan,,,Percaya menurut keyakinan Masing2 ja,,
    Lw saya percaya Duluan Telur,,,

    KENAPA..?
    penelitian Komputer g’ Menjamin……..!

    Komentar oleh aris tofa | 16 Juli 2010

  3. percaya ajah, lagian mana ada ayam telur yg adakan telur ayam,, hehe…

    Komentar oleh meloe | 16 Juli 2010

  4. percaya deah…..telur sama ayam keduanya saling berkesinambungan..tinggal duluuan mana yang di ucapkan…

    Komentar oleh didik Arifianto | 17 Juli 2010

  5. bnear kata kk erin,,, ada dalam al qur an,,, tak pernah ada leraguan pada nya,,,

    telur dulu….

    Komentar oleh Anonim | 17 Juli 2010

  6. ya duluan ayam lah……
    Kalo allah menciptakan telur dulu, bagaimana bisa menetas kalo tdk dierami ayam dan mendapatkan suhu yang pas.
    Paling adanya nanti dimakan tikus telurnya…..

    Komentar oleh javaher | 24 Juli 2010

  7. Telur dan ayam duluan telur,
    sementara
    ayam dan telur duluan ayam…
    Wkwkwk,gt aja kok repoT!dasaR ilmuwan,tebakan aja dbikin serius tow!

    Komentar oleh Anonim | 25 Juli 2010

  8. peduli dongo !
    mending tidur.
    wkwkwkwk

    Komentar oleh Anonim | 1 Agustus 2010

  9. ayam&tlur q ykin dluan ayam.gtu aj kok repot

    Komentar oleh Anonim | 11 September 2010

  10. menurut gue se, apa yang Allah ciptakan duluan dah, itu semua sifatnya abstrak juga,,,, daripada pusing, lebih baik ngopi ja yuuuk,,,,,,,,,!

    Komentar oleh uswatun hasanah | 20 Oktober 2010

  11. yang bener adl mak-nya ayam itu lah

    Komentar oleh astri | 7 November 2010

  12. asdqwezxc

    Komentar oleh farrel | 2 Januari 2011

  13. fafafafafafafaffafafafafafafafa

    Komentar oleh farrel | 2 Januari 2011

  14. menurut ku se beabarengan.. karena Alloh menciptaklan alam beserta isinya..

    Komentar oleh Anonim | 3 November 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: